Skip to main content

Tips Tepat Sebelum Membeli Smartphone Android

Tips Membeli Smartphone Android - Berbagai macam teknologi dan fitur terbaru yang ditawarkan oleh beberapa brand smartphone Android, kadang membuat sebagian orang tertarik ingin mencoba bahkan ingin memiliknya. Tidak bisa dipungkiri, fitur yang ditawarkan oleh smartphone tersebut cukup membantu berbagai kegiatan, bahkan smartphone sudah dijadikan alat paling banyak untuk mengakses internet.

tips-membeli-smartphone-android

Terbukti dari banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia yang didominasi oleh pengguna perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Namun, dibalik fakta bahwa pengguna internet yang di dominasi oleh pengguna smartphone khususnya Android, ternyata masih banyak pengguna smartphone yang masih bingung ketika ingin membeli smartphone baru.


Tips Tepat Sebelum Membeli Smartphone Android


Mungkin faktor utama yang membuat bingung saat memilih smartphone baru karena memang di Indonesia banyak sekali di bombardir oleh berbagai merek dan tipe smartphone yang beredar. Nah agar kamu tidak bingung, Kezzy akan memberikan tips tepat sebelum membeli smartphone Android.

Tips Membeli Smartphone Android


Tentu saja saat membeli smartphone sebaiknya kamu jeli ketika memilih merk dan tipenya, usahakan sesuai dengan kebutuhanmu. Maka dari itu yuk, langsung saja simak tips membeli smartphone Android.

1. Perhatikan Desain Smartphone


Kalau hal yang satu ini si bisa di bilang hal yang paling bikin galau ketika membeli smartphone. Terkadang desain smartphone bisa membuat goyah pilihan awal yang sudah kamu tentukan, yang awalnya ingin pilih si A, gara-gara lihat body si B yang lebih elegan dan kinclong tiba-tiba saja kamu berubah pikiran.

tips-membeli-smartphone-android

Memang desain sebuah smartphone sering dijadikan patokan dalam menentukan pilihan. Namun sebaiknya kamu tetap mengutamakan kenyamanan ketika menggunakan ponsel pintar tersebut, sebaiknya kamu memilih smartphone yang nyaman ketika di genggam. 

2. Perhatikan Dapur Pacu 


Kamu pasti sering kan melukan berbagai aktifitas di smartphone secara bersamaan, misalnya streaming sambil chatting atau bahkan main game sambil menggeber musik di Android mu?

tips-membeli-smartphone-android

Jika iya, sebelum membeli smartphone, pastikan kamu memilih smartphone yang mempunyai dapur pacu (prosesor dan RAM) yang mampu menjalankan semua aktifitas yang kamu jalankan. Pilihlah smartphone yang dibekali RAM minimal 2GB kalau kamu termasuk multitasker sejati.

3. Perhatikan Luas Layar


Selanjutnya layar, layar memang sering dijadikan bahan acuan ketika membeli smartphone. Karena bagaimanapun, layar harus membuat pengguna smartphone merasa nyaman atau bahkan bisa memanjakan pengguna ketika melakukan aktivitas.

tips-membeli-smartphone-android

Perhatikan juga material yang dipakai pada layar, karena bagaimanapun layar smartphone merupakan bagian yang paling banyak di sentuh dan merupakan bagian smartphone yang mudah rusak.

4. Kapasitas Baterai


Pasti kamu ngga mau kan ketika bepergian mati gaya gara-gara baterai low atau repot bawa power bank? Nah, makanya ketika memilih ponsel pintar, perhatikan juga kapasitas baterai yang di sematkan.

tips-membeli-smartphone-android

Usahakan memilih smartphone yang dibekali dengan baterai kapasitas besar, sehingga baterai bisa tahan lama dan membuat kamu bisa lebih lama bermain game, online, streaming, atau mendengarkan musik.


5.  Spesifikasi Kamera


Sepertinya berfoto atau selfie sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Nah maka dari itu, kamu harus memperhatikan resolusi kamera saat memilih smartphone.

tips-membeli-smartphone-android

Pilihlah smartphone Android yang menawarkan fitur kamera yang berimbang antara kamera depan dan belakang agar kegiatan mengambil foto atau selfie yang kamu lakukan memberikan hasil yang memuaskan.

6. Koneksi Internet


tips-membeli-smartphone-android

Seperti yang sudah Kezzy katakan diawal, penggunaan internet saat ini didominasi oleh perangkat mobile, jadi sebaiknya kamu memilih smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G.
gara masalah koneksi?

7. Perhatikan Juga Harga


Nah ini salah satu hal yang harus akmu perhatikan ketika membeli smartphone baru, mungkin ada yang menawarkan smartphone bermerk tapi dibandrol dengan harga yang tidak wajar atau kelewat murah. Sebaiknya kamu perhatikan sebelum membelinya, karena bisa saja barang yang di tawarkan tenyata Android palsu atau supercopy.

Sebaiknya jangan tergiur dengan harga murah namun kualitas belum terjamin, lebih baik menabung lebih lama dan membeli smartphone yang benar-benar ori, dan langsung membeli di gerai resminya.


Nah itulah tips tepat sebelum membeli smartphone Android, Kezzy sarankan kamu membeli smartphone sesuai kebutuhan saja, jangan terlalu tergoda dengan trend gonta-ganti smartphone karena hanya akan membuat boros pengeluaranmu saja. Jika kamu punya tips lain, share yuk di kolom komentar. See you!

Comments